Andrew Darwis (lahir 20 Juli 1979; umur 34 tahun)
merupakan pendiri (founder) komunitas online terbesar
di Indonesia, Kaskus lewat situs
Kaskus.us (Sekarang menjadi Kaskus.co.id)
yang sekarang ini mempunyai lebih dari 3 juta member . Andrew
sekarang menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta
Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT
Darta Media Indonesia.
Pendidikan
SMP: Tarakanita Pluit
Jakarta.
SMA: Gandhi National
School, Ancol '98 Jakarta.
Universitas :
Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara, 1998.
Universitas :
Multimedia & Web Design, Art Institute
of Seattle, 1999 - 2003.
Universitas :
aster of Computer Science, Seattle University, 2004 - 2006.
Agama : Katolik.
Karier
Kerja paruh
waktu web desain di kemana.com dan indotradezone.com (1998).
Web desainer
Thor Loki, Seattle, Amerika
Serikat (2003 - 2006).
Web desainer
lyrics.com, Seattle, Amerika
Serikat (2007 - 2008).
Pendiri &
CTO Kaskus (1999 -sekarang).
Mendirikan
Kaskus
Andrew mendirikan
Kaskus
pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah satu
universitas
terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle University, Program Studi Multimedia
& Web
Design, Art Institute of Seattle Computer Science pada tahun 1999, pria yang disapa
Andrew ini terinspirasi membuat website forum komunitas yang
bisa di bilang menjadi yang terbesar di Indonesia.
"Saat itu saya ditugaskan oleh dosen untuk membuat program dari free software,
dari situlah mulai muncul ide membuat website dengan
nama Kaskus."
Ujar Andrew yang bekerja di perusahaan lyrics.com saat
kuliah di Amerika.
Kaskus berasal
dari kata Kasak-Kusuk atau bermakna bergosip. Dengan modal awal sebesar US$ 3
(Rp 30.000,-) untuk membeli server, Andrew dan dua rekannya, Ronald dan Budi, memilih
untuk membuat portal yang berisi mengenai berita maupun informasi tentang
Indonesia. Portal tersebut
sengaja di buat menjadi suatu media untuk memuaskan kerinduan bagi masyarakat
Indonesia yang berada di Luar negeri.
Manfaatnya
adalah semakin membaiknya geliat bisnis online, serta
banyaknya orang yang memulai bisnis online dilihat Andrew sebagai potensi besar
yang mendukung perkembangan Kaskus. Berdasarkan survey,
terdapat lebih dari 40 juta pengguna Internet di
Indonesia. Dengan jumlah yang luar biasa tersebut, ia mengasumsikan bahwa
masing-masing pengguna Internet adalah target pasar yang potensial.
Kendalanya
Andrew mengaku bahwa kendala terberat dialaminya saat awal pembentukan Kaskus. Ia
harus turun tangan langsung dan memperbaiki apabila ada server yang down,
karena saat itu Andrew belum memiliki karyawan. Selain itu kendala terberat
juga dialaminya ketika pindah ke Jakarta,
karenai ia harus meyakinkan customer dan advertiser mengenai citra Kaskus.
Pemasarannya
Andrew dan timnya di awal usaha harus bergeriliya door to door ke klien untuk
memperkenalkan positioning Kaskus dan
tidak sampai 1 tahun, Kaskus sudah banyak dipercaya oleh client-client besar
yang sudah mendukung Kaskus sejak pertama kali Kaskus launching pada
Desember 2008. Berselang 2 bulan kemudian Kaskus resmi menjadi perusahaan
professional di bawah bendera PT. Darta Media Indonesia.
Saat ini tercatat
Kaskus
memiliki 4.366.134 member (update pertanggal 20 Mei 2012 pada pukul 13.21) dan
terus bertambah tiap detiknya. Kaskus memiliki target pasar dari usia 15-40 tahun baik
kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, professional dan entrepreneur.
Berbagai
penghargaan juga diterima oleh Andrew di antaranya The Best Indonesian
Communities for 2005 and 2006 versi Alexa.com dan Wikipedia,
dari Microsoft dengan
nominasi KaskusIndonesia
Innovative Top Web Site pada tahun 2008, dan dari Indosat dengan
nominasi Kaskus The
Online Inspiring Award pada tahun 2009.
Saat ini untuk
me-manage Kaskus,
Andrew dibantu 30 orang karyawan yang terbagi dalam tim pemasaran (marketing),
sales, IT dan kreatif (creative).
Dari sekian
banyak konten dalam Kaskus.us,
tanpa ragu Andrew menyebut konten Forum Jual Beli (FJB) dan Lounge sebagai
terfavorit dikunjungi kaskuser. Para kaskuser yang berasal dari seluruh pelosok
Indonesia itu bisa memanfaatkan konten ini untuk transaksi bisnis online. Dalam
sehari saja, 80 ribu daftar barang, diikutkan dalam Forum Jual Beli (FJB).
Obsesi yang
ingin diraih Andrew untuk pengembangan bisnis online-nya adalah terus
mengembangkan content (fasilitas yang ada di dalam website)
Indonesia, sehingga nantinya orang luar negerilah yang akan membeli content itu.
Penghargaan
2009: Oleh Presiden RI :
KASKUS - The Big Place Market 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar